TikTok Luncurkan Avatar Custom, Ingin Saingi Bitmoji Snapchat dan Memoji Apple
TikTok Luncurkan Avatar Custom, Ingin Saingi Bitmoji Snapchat dan Memoji Apple

TikTok Luncurkan Avatar Custom, Ingin Saingi Bitmoji Snapchat dan Memoji Apple

TikTok mengeluarkan sebuah fitur yang meluluskan pemakai memperbaiki diri jadi avatar animasi custom. Serupa dengan avatar Memoji punya Apple, Bitmoji punya Snapchat, dan Avatar-nya Meta.

Mencuplik The Verge, Rabu (8/6/2022), fitur ini dikeluarkan secara global ini hari dan bisa dijangkau dari camera aplikasi, bersama dengan beragam dampak TikTok yang lain.

Untuk menggunakan fitur avatar TikTok itu, membuka aplikasi, balikkan camera ke model selfie, lalu ketok dampak, dan tentukan dampak avatar.

Pemakai juga selanjutnya dapat memakai penampilan preset atau tekan “New/baru” untuk membikin avatar khusus.

Fitur ini memungkinkannya pemakai sesuaikan wujud wajah avatar, warna kulit, style rambut, dan aksesories terhitung dandanan dan tindikan.

Pemakai juga dapat record video dengan avatar, ikuti pergerakan dan gestur wajah sang pemakai. Sama dalam Memoji punya Apple.

TikTok menjelaskan, ingin membuat fitur ini seinklusif kemungkinan dan terus akan tingkatkan dan bereksperimen untuk pastikan kisah hidupnya betul-betul sebagai wakil semuanya orang yang berada di TikTok.

Awalnya, berita jika TikTok ingin membuat avatar bocor awalnya tahun ini. Bagus sekali menyaksikan banyak sekali platform sosial media sekarang menggunakan avatar sebagai cara untuk orang untuk berbicara, tanpa penekanan untuk melakukan langsung.

Di lain sisi, Snapchat dan iMessage memakai Bitmoji dan Memoji untuk berbicara sama orang yang mereka mengenal. Sementara, avatar TikTok mempunyai potensi digunakan oleh pembikin content pseudonim.

Dapat Lebih Dampak Suara

Trend itu dikeluarkan di YouTube dan dapat diaplikasikan di platform seperti TikTok. Pemakai juga dapat menyatukan avatar khusus mereka dengan dampak suara TikTok yang telah ada awalnya, untuk pastikan anonimitas.

Avatar 3D Meta

Awalnya, perusahaan induk Facebook, Meta, mengenalkan avatar 3D ke Instagram Stories dan Direct Message (DM). Meta mengupdate penampilan avatar di Facebook dan Messenger.

Dengan avatar 3D ini, beberapa pemakai di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko dapat munculkan diri virtual mereka di stiker, posting feed, gambar profile Facebook, dan yang lain di semua platform Quest VR-nya.

Mencuplik The Verge, Manager Umum Meta untuk Avatar dan Identitas Aigerim Shorman menjelaskan, avatar versi akan meliputi wujud wajah, perangkat tolong seperti implan koklea, alat tolong dengar, dan bangku roda lebih inklusif untuk pemakai penyandang disabilitas.

Usaha Mewujudkan Metaverse

“Kami sudah sesuaikan wujud wajah dan sesuaikan shader kulit untuk membikin avatar Anda lebih autentik,” kata Shorman.

Selanjutnya ia berbicara, kedatangan Avatar di semua platform ialah usaha Meta untuk merealisasikan metaverse.

“Mengeluarkan avatar di semua platform kami ialah langkah pertama untuk merealisasikan metaverse. Kami mengharap, diri virtual baru ini memungkinkannya untuk memewakili Anda lewat cara online,” ucapnya.

Shorman memvisualisasikan avatar ini sebagai sisi dari dunia digital yang sama-sama tersambung, dunia yang memperantai VR dan AR tapi juga platform yang lebih dekat seperti handphone dan computer.

CEO Meta, Mark Zuckerberg, menjelaskan metaverse sebagai fokus perusahaan yang ia bahas saat dia umumkan nama baru Meta di akhir 2021.

“Satu hari, Anda akan banyak memiliki avatar, dimulai dari gesturf sampai fotorealistik,” kata Zuckerberg dalam uploadnya, Senin, 31 Januari 2022.