XL Axiata Gandeng Juniper Networks untuk Mempercepat Penyeluncuran Service 5G
XL Axiata Gandeng Juniper Networks untuk Mempercepat Penyeluncuran Service 5G

XL Axiata Gandeng Juniper Networks untuk Mempercepat Penyeluncuran Service 5G

XL Axiata menggamit Juniper Networks, perusahaan dunia yang sediakan jaringan aman berbasiskan AI untuk melangsungkan konektivitas 5G di Indonesia.

Dengan kerja-sama ini, XL Axiata akan menggunakan tehnologi dan produk Juniper, yaitu Segment Routing over IPv6 (SRv6) dan Universal Router seri MX untuk tingkatkan infrastruktur jaringan yang ada.

Lewat pemakaian produk di atas, XL Axiata akan mempunyai dasar jaringan semakin kuat untuk memberikan dukungan kenaikan keinginan akan service 5G.

Sudah diketahui, untuk percepat jadwal alih bentuk digital, pemerintahan umumkan Roadmap Digital Indonesia. Fokus intinya ialah menuntaskan infrastruktur 4G di lebih dari 10.000 subkawasan pada 2022, meningkatkan konektivitas 5G yang siap digunakan.

XL Axiata awalnya pernah bekerja bersama dengan Juniper dalam membuat infrastruktur backhaul mobile yang memberikan dukungan konektivitas 4G LTE nasional.

Sekarang, XL Axiata kembali menggamit Juniper sebagai jaringan khusus berbasiskan SRv6 yang akan memberikan dukungan penyeluncuran service 5G-nya di semua Indonesia.

Router-router Juniper yang dipakai yaitu MX240, MX480, MX960, dan MX2020 sebagai sisi dari portofolio 400G yang berperan sebagai dasar atau core jaringan transportasi berbasiskan SRv6.

Pemakaian tehnologi di atas dapat memberikan persiapan pada perusahaan untuk mendatangkan service 5G dengan tehnologi terbaru.

Traffic Management Lebih Hebat

Nanti, service professional Juniper berperanan dalam membuat desain dan implikasi SRv6 di jaringan pokok XL Axiata, terhitung untuk pastikan interoperabilitas dengan jaringan IP/MPLS telco yang ada awalnya.

Dengan implikasi SRv6, XL Axiata dipercayai akan mempunyai jaringan dengan skalabilitas tinggi, perlindungan jaringan bisa lebih cepat, dan traffic manajemen jaringan yang lebih hebat.

Karena 5G akan jemari pilar khusus ekonomi digital dan rekondisi pascapandemi Indonesia, perusahaan telekomunikasi ini akan membuat jaringan kekinian yang lebih siap untuk penuhi keinginan di masa datang.

Disamping itu, konektivitas 5G XL Axiata diperuntukkan sediakan service sambungan berkualitas tinggi dan memberikan pengalaman handal untuk customer sekalian partner usaha.

Sambungan Luas

Grup Head Network Rencana dan Desain XL Axiata Fadly Hamka menjelaskan, dengan manfaatkan jalan keluar routing dan kekuatan SRv6 Juniper, XL Axiata bisa mempunyai jaringan yang semakin dapat dihandalkan, skalabilitas jaringan luas, dan operasional jaringan lebih simpel.

“Kami mengharap dapat memberikan dukungan ekonomi digital Indonesia dan sediakan sambungan berkecepatan tinggi, sama sesuai keinginan konsumen setia dan opsi untuk memberi latency rendah untuk beberapa layanan 5G di depan,” kata Fadly.

Sementara, Senior Director ASEAN dan Taiwan Juniper Networks Perry Sui menjelaskan, Juniper senang bisa memberikan dukungan alih bentuk digital di negara dengan ekonomi paling besar di Asia Tenggara.

“Peluasan jalinan periode panjang ini sebagai bukti kekuatan kami membuat jaringan skalabel dan pintar secara operasional,” ucapnya.

Dengan jalan keluar yang memprioritaskan pengalaman dan kekuatan SRv6, Juniper yakini XL Axiata dapat memberi pengalaman 5G unggul dan sediakan sambungan untuk saat yang panjang yang akan datang.