Alasan Penting Untuk Menghapus Data Dan Akun Sebelum Mencopot Pemasangan Aplikasi
Alasan Penting Untuk Menghapus Data Dan Akun Sebelum Mencopot Pemasangan Aplikasi

Alasan Penting Untuk Menghapus Data Dan Akun Sebelum Mencopot Pemasangan Aplikasi

Alasan Penting Untuk Menghapus Data Dan Akun Sebelum Mencopot Pemasangan Aplikasi – Apple mulai memberlakukan kebijakan yang mewajibkan pengembang menyediakan atau memfasilitasi penghapusan akun pengguna di aplikasi.

Kebijakan ini sudah diluncurkan oleh Apple pada tahun 2020, namun hanya berlaku hingga 30 Juni 2022. Setelah batas waktu ini, aplikasi yang menawarkan opsi untuk menghapus akun Anda akan dihapus dari App Store.

Menghapus data danakun dari aplikasi tidak semudah ketika pengguna mendaftar, karena terkadang mekanismenya agak rumit.

Terkadang sulit bagi pengguna untuk menemukan tombol hapus akun atau pengguna harus membuka halaman tertentu alih-alih dapat menggunakannya langsung di aplikasi.

Pentingnya penghapusan data dan akun sebelum dicopot

Pentingnya penghapusan data dan akun sebelum dicopot

Akun dihapus dari aplikasi sensitif sehingga aplikasi tidak dapat lagi mengakses data pengguna. Selain itu, setelah Anda menghapus akun, layanan atau aplikasi tidak akan lagi menggunakan data Anda saat Anda menghapusnya dari ponsel.

Menghapus atau mencopot pemasangan aplikasi tidak serta merta menghapus data atau informasi pengguna apa pun dalam aplikasi.

Bahkan jika pemberitahuan meminta Anda untuk menghapus data, data yang dimaksud adalah data perangkat. Menurut KompasTekno dilansir Techspective, data pengguna masih bisa disimpan di server pengembang.

Pengguna juga rentan terhadap peretasan, seperti ketika server pengembang aplikasi diretas dan peretas menemukan data Anda.

Oleh karena itu, penting untuk Menghapus Data Dan Akun Anda sebelum mencopot pemasangan aplikasi dari perangkat seperti ponsel cerdas, tablet, dll.

Kemungkinan lain adalah pengembang dapat mengumpulkan data Anda untuk dijual kepada pihak ketiga yang tidak dapat menjamin keamanan mereka.

Oleh karena itu, Anda harus terlebih dahulu menghapus data pribadi Anda sebelum menghapus akun atau menghapus aplikasi dari smartphone Anda.

Ada juga banyak aplikasi yang memberi Anda opsi untuk masuk atau mendaftar akun media sosial. Misalnya, akun Facebook Anda digunakan untuk masuk ke aplikasi pengeditan foto.

Jika demikian, kedua aplikasi dapat saling berbagi informasi.

Contoh lainnya adalah jika Anda menggunakan akun Facebook untuk membuat akun di aplikasi Spotify. Nah, Spotify dan Facebook dapat membagikan informasi yang Anda daftarkan.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana kedua aplikasi mengumpulkan data. Metode pelacakan:

Untuk menghapus akses, Anda harus membuka aplikasi yang terhubung seperti Gmail, lalu pergi ke setelan Gmail dan periksa aplikasi yang terhubung ke Gmail. Hapus semua aplikasi terhubung yang menurut Anda tidak memerlukan akses ke Gmail. Berlatih dengan cara yang sama di aplikasi lain seperti Facebook atau Twitter.

Hapus akun dari aplikasi

Hapus akun dari aplikasi

Setelah menghapus data dari aplikasi, Anda dapat melanjutkan dengan proses penghapusan akun. Setiap aplikasi memiliki cara yang berbeda untuk menghapus akun Anda.

Namun, Anda dapat mencarinya di menu pengaturan aplikasi. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pilih menu “akun” atau “privasi” pada aplikasi yang ingin Anda hapus akunnya

2. Cari opsi untuk menghapus akun pada tiap opsi yang tersedia

3. Jika tidak menemukannya, coba masuk ke aplikasi versi desktop dan periksa apakah opsi hapus akun tersedia.  Sebab, beberapa aplikasi seperti Instagram hanya menyediakan opsi hapus akun melalui aplikasi versi desktop.

Setelah akun Anda dihapus, Anda dapat menghapus atau mencopot pemasangan aplikasi dari perangkat Anda.