Daftar Aplikasi Chat Dan Media Sosial Yang Aman Ban Kominfo
Daftar Aplikasi Chat Dan Media Sosial Yang Aman Ban Kominfo

Daftar Aplikasi Chat Dan Media Sosial Yang Aman Ban Kominfo

Daftar Aplikasi Chat Dan Media Sosial Yang Aman Ban Kominfo – Berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 5 Tahun 2020 (Permenkominfo 5/2020), penyelenggara sistem elektronik domain pribadi (PSE) wajib mendaftarkan layanannya ke Kominfo.

Batas akhir pendaftaran Private Scope PSE di Kominfo adalah 20 Juli 2022. Sesuai dengan kebijakan PSE Kominfo, jika PSE Private Scope tidak mendaftar hingga batas waktu yang ditentukan, layanan tersebut dapat dianggap ilegal dan dapat diblokir dari Kominfo.

Pada Rabu, 20 Juli 2022 (20 Juli 2022), beberapa nama aplikasi chat dan media sosial (medsos) populer muncul di “pse.kominfo .go”, hari terakhir pendaftaran Private Scope PSE di Kominfo. telah .PENGENAL”.

Salah satu contoh PSE yang terdaftar di Kominfo sebagai layanan chat adalah Telegram. Platform tersebut terdaftar dengan nomor 004473.01 / DJAI.PSE / 07/2022 mulai Minggu, 17 Juli 2022.

Menyusul Telegram, aplikasi berikutnya yang diumumkan Kemenkominfo adalah WhatsApp. Aplikasi chat Meta muncul di website “pse.kominfo.go.id” mulai Selasa malam, 19 Juli 2022.

Whatsapp terdaftar sebagai platform di bidang teknologi dan telekomunikasi, dengan nomor 004994.06 / DJAI.PSE / 07/2022 (untuk versi web) dan 004994.05 / DJAI.PSE / 07/2022 (untuk versi mobile).

Di “pse.kominfo.go.id” juga muncul nama-nama aplikasi ternama, beserta layanan jejaring sosial seperti Facebook dan Instagram. Kedua pesanan tersebut didaftarkan secara bersamaan pada siang hari tanggal 19 Juli 2022.

Selengkapnya, berikut rangkuman banyak daftar chat dan aplikasi media sosial yang aman dari pemblokiran Kominfo karena KompasTekno sudah mendaftar sesuai batas waktu.

Daftar  PSE yang terdaftar di Kominfo sebagai layanan chat dan media sosial

Daftar Aplikasi Chat Dan Media Sosial Yang Aman Ban Kominfo

Facebook

Instagram

Telegram

WhatsApp

Michat

TikTok

Selain daftar di atas, platform penyedia layanan streaming lainnya, seperti Netflix dan Spotify, juga diketahui terdaftar di situs ‘pse.kominfo.go.id’. Hal yang sama berlaku untuk Linktree, platform pembuatan tautan.

Untuk platform Google sendiri, hanya Google Cloud yang didaftarkan sebelum batas waktu pendaftaran H-1 (satu hari sebelumnya). Untuk YouTube dan Gmail, nama tersebut tidak muncul di “pse.kominfo.go.id”.

Sementara itu, website “pse.kominfo.go.id” belum bisa mencantumkan nama WNA dan Korea yang telah mendaftarkan layanan tersebut hingga sekitar pukul 10.45 WIB pada 20 Juli 2022 (20 Juli 2022). Ada di cominfo.

Saat mencoba memantau dari situs web “pse.kominfo.go.id”, opsi “Daftar PSE eksternal” dan “Daftar PSE lokal” adalah daftar nama Memuat halaman dengan hanya tabel kosong tanpa . itu.

Daftar Aplikasi Chat Dan Media Sosial Yang Aman Ban Kominfo

Di sisi lain, PSE swasta yang tidak segera mendaftar untuk layanan telekomunikasi dan TI dikenakan sanksi dua tingkat sebelum dikenakan larangan akses.

Sanksi pertama Kominfo akan mengeluarkan surat peringatan pada 21 Juli 2022 atau pada hari berakhirnya batas waktu pendaftaran (20 Juli 2022) bagi platform digital yang belum terdaftar di laman PSE Kominfo.

Kedua, jika tidak ada tanggapan tambahan, Cominfo akan mengambil tindakan administratif kedua berupa denda atas kelalaiannya. Terakhir, jika PSE Lingkup Pribadi masih tidak mematuhi aturan tersebut, hukuman terberat, larangan sementara, berlaku.